informasi kuliah, materi kuliah, dan tugas mahasiswa dapat diakses disini

Alamat: Perumahan Griya Rotan Asri, Sungai Rotan, Percut Sungai Tuan, Deli Serdang,Medan
Jika ada Kendala Hubungi Email: deny.adriani2712@gmail.com atau Hp. 085261417072 !!!

MATERI KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Share on :


Deskripsi Mata Kuliah    
: Strategi Belajar Mengajar merupakan salah satu matakuliah dalam rumpun Proses Belajar Mengajar (PBM) yang bertujuan membekali mahasiswa kemampuan dalam mengetahui dan memahami berbagai strategi belajar mengajar serta memiliki berbagai ketrampilan yang diperlukan oleh guru di lapangan. Proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan kegiatan tatap muka di dalam kelas melainkan juga di luar kelas dengan cara mengobservasi dan menganalisis berbagai strategi pembelajaran di sekolah menengah dan mengumpulkan keterangan dari berbagai sumber yang relevan.


Deskripsi singkat materi kuliah Strategi Belajar Mengajar



DASAR-DASAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Secara umum, strategi dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk sampai pada tujuan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (yang diinginkan). Joni (1983) berpendapat bahwa yang dimaksud strategi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang konduktif kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Adapun ciri-ciri strategi menurut Stoner dan Sirait (1 996: 140) adalah sebagai berikut.

a.   Wawasan waktu, meliputi cakrawala waktu yang jauh ke depan, yaitu waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan waktu yang diperlukan untuk mengamati dampaknya.

b.  Dampak. Walaupun hasil akhir dengan mengikuti strategi tertentu tidak langsung terlihat untuk jangka waktu lama, dampak akhir akan sangat berarti.

c.      Pemusatan upaya. Sebuah strategi yang efektif biasanya mengharus- kan pemusatan kegiatan, upaya, atau perhatian terhadap rentang sa-saran yang sempit.
d.  Pola keputusan. Kebanyakan strategi mensyaratkan bahwa sederetan keputusan tertentu harus diambil sepanjang waktu. Keputusan- keputusan tersebut harus saling menunjang, artinya mengikuti suatu pola yang konsisten.
e.      Peresapan. Sebuah strategi mencakup suatu spektrum kegiatan yang luas mulai dari proses alokasi sumber daya sampai dengan kegiatan operasi harian. Selain itu, adanya konsistensi sepanjang waktu dalam kegiatan-kegiatan ini mengharuskan semua tingkatan organisasi
Dengan demikian, strategi dapat diartikan sebagai suatu susunan, pendekatan, atau kaidah-kaidah untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan tenaga, waktu, serta kemudahan secara optimal. Apabila dihubungkan dengan proses belajar mengajar, strategi adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa (Gerlach dan Ely). Strategi belajar mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan, tetapi juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya (Dick dan Carey).
Terdapat berbagai pendapat tentang strategi belajar-mengajar sebagaimana dikemukakan oleh para ahli pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
a.   Kozma dan Gafur (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi belajar-mengajar dapat diartikan sebagai kegiatan yang dipilih,  yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
b.   Gerlach dan Ely (1980) menjelaskan bahwa strategi belajar-mengajar merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
c.  Gropper didalam  Wiryaman dan Noorhadi (1990) mengatakan strategi belajar-mengajar merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dipraktekkan.
Berdasarkan pendapat ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi belajar-mengajar merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pelajaran, sehingga akan memudahkan peserta didik mecapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dikuasainya diakhir kegiatan belajar.
 
  Selanjutnya...........dapat di download pada link di bawah ini............




 







0 komentar on MATERI KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR :

Post a Comment and Don't Spam!