Deskripsi Mata Kuliah
: Strategi Belajar
Mengajar merupakan salah satu matakuliah dalam rumpun Proses Belajar Mengajar
(PBM) yang bertujuan membekali mahasiswa kemampuan dalam mengetahui dan
memahami berbagai strategi belajar mengajar serta memiliki berbagai ketrampilan
yang diperlukan oleh guru di lapangan. Proses belajar mengajar tidak hanya
dilakukan kegiatan tatap muka di dalam kelas melainkan juga di luar kelas
dengan cara mengobservasi dan menganalisis berbagai strategi pembelajaran di
sekolah menengah dan mengumpulkan keterangan dari berbagai sumber yang relevan.
DASAR-DASAR STRATEGI BELAJAR
MENGAJAR
Secara
umum, strategi dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh
seseorang atau organisasi untuk sampai pada tujuan. Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia, strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai
sasaran khusus (yang diinginkan). Joni (1983) berpendapat bahwa yang dimaksud
strategi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang
konduktif kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Adapun
ciri-ciri strategi menurut Stoner dan Sirait (1 996: 140) adalah sebagai
berikut.
a. Wawasan
waktu, meliputi cakrawala waktu yang jauh ke depan, yaitu waktu yang diperlukan
untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan waktu yang diperlukan untuk mengamati
dampaknya.
b. Dampak.
Walaupun hasil akhir dengan mengikuti strategi tertentu tidak langsung terlihat
untuk jangka waktu lama, dampak akhir akan sangat berarti.
c. Pemusatan
upaya. Sebuah strategi yang efektif biasanya mengharus- kan pemusatan kegiatan,
upaya, atau perhatian terhadap rentang sa-saran yang sempit.
d. Pola
keputusan. Kebanyakan strategi mensyaratkan bahwa sederetan keputusan tertentu
harus diambil sepanjang waktu. Keputusan- keputusan tersebut harus saling
menunjang, artinya mengikuti suatu pola yang konsisten.
e. Peresapan.
Sebuah strategi mencakup suatu spektrum kegiatan yang luas mulai dari proses
alokasi sumber daya sampai dengan kegiatan operasi harian. Selain itu, adanya
konsistensi sepanjang waktu dalam kegiatan-kegiatan ini mengharuskan semua
tingkatan organisasi
Dengan
demikian, strategi dapat diartikan sebagai suatu susunan, pendekatan, atau
kaidah-kaidah untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan tenaga, waktu,
serta kemudahan secara optimal. Apabila dihubungkan dengan proses belajar
mengajar, strategi adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran
dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup, dan urutan
kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa (Gerlach dan
Ely). Strategi belajar mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan,
tetapi juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya (Dick dan Carey).
Terdapat
berbagai pendapat tentang strategi belajar-mengajar sebagaimana dikemukakan
oleh para ahli pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
a. Kozma
dan Gafur (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi belajar-mengajar dapat
diartikan sebagai kegiatan yang dipilih,
yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik
menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
b. Gerlach
dan Ely (1980) menjelaskan bahwa strategi belajar-mengajar merupakan cara-cara
yang dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan
pembelajaran tertentu.
c. Gropper
didalam Wiryaman dan Noorhadi (1990)
mengatakan strategi belajar-mengajar merupakan pemilihan atas berbagai jenis
latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia
menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai peserta
didik dalam kegiatan belajarnya harus dipraktekkan.
Berdasarkan
pendapat ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi belajar-mengajar
merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk
menyampaikan materi pelajaran, sehingga akan memudahkan peserta didik mecapai
tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dikuasainya diakhir kegiatan belajar.
Selanjutnya...........dapat di download pada link di bawah ini............
0 komentar on MATERI KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR :
Post a Comment and Don't Spam!