informasi kuliah, materi kuliah, dan tugas mahasiswa dapat diakses disini

Alamat: Perumahan Griya Rotan Asri, Sungai Rotan, Percut Sungai Tuan, Deli Serdang,Medan
Jika ada Kendala Hubungi Email: deny.adriani2712@gmail.com atau Hp. 085261417072 !!!

MATERI KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Share on :


Deskripsi Matakuliah Metodologi Penelitian

Matakuliah ini berisikan beberapa unsur yang dapat membentuk kemampuan melakukan penelitian dalam pendidikan yakni Pendekatan Ilmiah dalam pendidikan. Metode-metode Penelitian, populasi, sampel/subjek dalam penelitian, Instrumen Penelitian, analisis data dan penggunaan statistik dan pembuktian hipotesis, Penulisan Laporan Penelitian, Penulisan Proposal Penelitian.


 Ringkasan Materi

Matakuliah Metodologi Penelitian




A.    PENELITIAN DAN METODE ILMIAH
Penelitian merupakan salah satu cara untuk mencari kebenaran. Penelitian adalah cara mencapai kebenaran melalui metode ilmiah (Russefendi, 1994). Penelitian dapat dikatakan sebagai cara mencari kebenaran melalui metode ilmiah, karena dalam mengungkapkan penelitian menggunakan metode ilmiah yang meliputi:
1.      Perumusan masalah
2.      Melakukan study literatur yakni study mengenal teori dan atau hasil penelitian dimasa lampau yang berkenaan dengan permasalahan yang dikaji;
3.      Jika diperlukan merumuskan praduga-duga atau hipotesis-hipotesis
4.      Mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data; dan
5.      Mengambil kesimpulan.
Metode ilmiah adalah cara mencari kebenaran yang tidak hanya didasarkan kepada alasan induktif atau deduktif saja, tetapi bersifat menyeluruh atau gabungan antara berfikir induktif dan berfikir deduktif. Metode ilmiah melibatkan kegiatan merumuskan hipotesis secara induktif berdasarkan kepada pengamatan, mendeduksikan hipotesis, menguji hipotesis, mengukuhkan  benar tidaknya hipotesis itu. Selain itu, metode ilmiah mensyaratkan adanya kegiatan secara terurut. Jadi, metode ilmiah adalah suatu prosedur dari proses mencari kebenaran, dengan langkah-langkah : mengenal masalah dan merumuskannya, study literatur, bila diperlukan merumuskan hipotesis, mengumpulkan dan mengolah data, menguji hipotesis dan mengambil keputusan.
Penelitian perlu senantiasa dilakukan karena beberapa alasan, diantaranya : (1) penelitian akan memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi atau menganggu, sehingga masalah itu dapat terselesaikan dan tidak berlarut-larut; (2) penelitian yang dilakukan harus berupa penelitian lanjutan, penelitian untuk meluruskan atau penelitian pembantahan hasil penelitian yang dianggap keliru; dengan demikian ilmu akan berkembang secara benar karena melalui penelitian dapat ditemukan hal-hal baru. ; (3) melalui penelitian memungkinkan peningkatan aplikasi hasil penelitian yang ditemukan, sehingga kita akan bertambah maju.

B.     KLASIFIKASI PENELITIAN
Menurut Ruseffendi (1994) penelitian itu bisa dikelompokkan, diantaranya pengelompokkan penelitian berdasarkan fungsi, disain dan teknik pengumpulan data, serta pengelompokkan berdasarkan aspek lainnya. Berikut ini hanya dibahas tentang klasifikasi penelitian berdasarkan maksud dan metodenya.
Berdasarkan maksudnya, penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian: dasar, terapan, evaluasi dan pengembangan.
untuk menjelaskan peristiwa yang sekarang terjadi dan mengantisipasi peristiwa yang akan datang. Penelitian deskriptif  adalah penelitian yang menggunakan observasi, wawancara, atau angket mengenai keadaan sekarang mengenai subjek yang sedang diteliti.
Penelitian korelasional adalah penelitian yang berusaha untuk melihat apakah antara dua variabel atau lebih terdapat hubungan atau tidak. Penelitian kausal-komparatif (ex-post facto) adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan sebab akibat yang mungkin terjadi melalui pengamatan sebagian akibat-akibat yang ada dan melihat kembali ke belakang untuk melihat faktor-faktor penyebabnya. Penelitian percobaan (experimental research) adalah penelitian yang benar-benar untuk melihat hubungan sebab akibat. Perlakuan yang dilakukan terhadap variabel bebas dilihat hasilnya pada variabel terikat. Penelitian kuasi-percobaan adalah penelitian untuk melihat hubungan sebab akibat. Bedanya dengan penelitian percobaan, pada penelitian percobaan biasanya subjek dikelompokkan secara acak dan perlakuan dimanipulasikan. Secara sengaja perlakuan dan control pada penelitian percobaan diatur, sedangkan pada penelitian kuasi-percobaan perlakuan itu sudah terjadi dan control tidak bisa dilakukan.

C.    MASALAH PENELITIAN
Pada umunya keadaan berikut ini mewujudkan suatu masalah :
  1. Bila ada informasi yang mengakibatkan munculnya kesenjangan dalam pengetahuan kita.
  2. Bila ada hasil-hasil bertentangan.
  3. Bila ada suatu kenyataan dan kita bermaksud menjelaskannya melalui penelitian.
Sebagai peneliti pemula seringkali mengalami kesulitan memilih masalah yang baik. Berikut ini dikemukakan beberapa karakteristik masalah yang baik.
  1. Topik atau judul yang dipilih benar-benar sangat menarik.
  2. Pemecahan masalah harus bermanfaat bagi orang-orang yang berkepentingan dalam bidang tertentu.
  3. Masalah yang dikemukakan merupakan suatu hal yang baru.
  4. Merancang rancangan yang lebih kompleks
  5. Dapat diselesaikan sesuai waktu yang diinginkan
  6. Tidak bertentangan dengan moral
Penelitian perlu berlatih agar terampil dalam mengidentifikasi masalah. Daftar kegiatan berikut ini disarankan dalam melatih ketrampilan mengidentifikasi masalah.
1)      Membaca sebanyak-banyaknya literature yang berhubungan dengan bidang yang akan diteliti bersikap kritis terhadap apa yang dibacanya;
2)      Menghadiri kuliah atau ceramah-ceramah profesional;
3)      Mengadakan pengamatan dari dekat situasi atau kejadian-kejadian di sekitar kita;
4)      Memikirkan kemungkinan penelitian dengan topik-topik atau pelajarannya kita dapati wkatu kuliah;
5)      Menghadiri seminar-seminar hasil penelitian;
6)      Mengadakan penelitian-penelitian dengan penekanan pada isi dan metodologinya;
7)      Menyusun penelitian-penelitian dengan  penekanan pada isi  metodologinya;
8)      Mengunjungi berbagai perpustakaan untuk memperoleh topik yang dapat diteliti;
9)      Berlangganan jurnal atau masalah yang berhubungan dengan bidang yang akan diteliti;
10)  Mengumpulkan bahan-bahan yang berhubungan dengan bidang penelitian yang akan diteliti.

D.    LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
Dalam merancang suatu penelitian, seorang peneliti perlu memahami langkah-langkah yang harus ditempuh dalam proses penelitian, sebagai berikut:
Penelitian diawali dengan adanya masalah. Masalah adalah kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan kenyataan yang ada. Supaya arah penelitian menjadi jelas, peneliti perlu teori sesuai dengan permasalahan. Dengan teori, peneliti dapat membangun kerangka berpikir, sehingga dapat digunakan untuk menjawab masalah penelitian. Jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian disebut hipotesis.
Untuk membuktikan kebenaran hipotesis, peneliti harus melakukan pengumpulan data pada obyek penelitian. Karena obyek penelitian yang disebut populasi terlalu luas, maka peneliti melakukan pengambilan sample. Setelah diperoleh sample peneliti mengumpulkan data. Untuk mengumpulkan data diperlukan instrumen penelitian sebagai alat ukur. Instrumen yang dibuat sendiri harus diuji validitas dan reliabilitasnya.
Data yang dikumpulkan peneliti selanjutnya dideskripsikan melalui penyajian data. Untuk keperluan penyajian dan diperlukan statistik deskriptif. Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis data. Analisis data bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis. Ada dua macam hipotesis, yaitu hipotesis penelitian dan hipotesis statistik. Hipotesis penelitian adalah jawaban smenetara terhadap rumusan masalah, sedangkan hipotesis statistik adalah dugaan keadaan populasi dengan menggunakan data sampel.
Untuk keperluan pengujian hipotesis statistik diperrukan analisis statistik. Langkah akhir dari penelitian adalah membuat kesimpulan dan memberikan saran. Kesimpulan merupakan jawaban terhadap rumusan maslaah penelitian. Sedangkan saran adalah langkah nyata yang harus dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait dengan hasil penelitian








Materi terkait....klik link berikut:



 

 
 

0 komentar on MATERI KULIAH METODOLOGI PENELITIAN :

Post a Comment and Don't Spam!