informasi kuliah, materi kuliah, dan tugas mahasiswa dapat diakses disini

Alamat: Perumahan Griya Rotan Asri, Sungai Rotan, Percut Sungai Tuan, Deli Serdang,Medan
Jika ada Kendala Hubungi Email: deny.adriani2712@gmail.com atau Hp. 085261417072 !!!

MATERI KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR

Share on :


Deskripsi Singkat Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar

     Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang tekhnik dan prosedur dalam melakukan penilaian atau evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Beberapa materi yang diberikan adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis instrument evaluasi,penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar pendidikan ekonomi, analisis butir soal, validitas dan reliabilitas, pemeriksaan, pemberian hasil skor dan pengolahan hasil tes hasil belajar, dan laporan hasil evaluasi pembelajaran.
 
Capaian Pembelajaran:

Mahasiswa kompeten menjelaskan  dan  melaksanakan evaluasi hasil pembelajaran.


Kompetensi/ Kemampuan Setiap Tahap Pembelajaran:


1.      Menganalisis pengertian, alasan, tujuan, fungsi, dan ciri-ciri penilaian
2.      Menganalisis sasaran penilaian atau evaluasi hasil belajar
3.      Mendeskripsikan prinsip dan alat evaluasi
4.      Mendeskripsikan  jenis-jenis  instrumen evaluasi hasil belajar
5.      Menyusun tes terstandar dan tes buatan guru
6.      Menyusun tes tertulis untuk mengukur hasil belajar pendidikan Ekonomi
7.      Mengembangkan tes hasil belajar pendidikan ekonomi
8.      Melakukan uji  coba dan analisis butir soal
9.      Melakukan simulasi cara-cara pengujian validitas tes
10.  Melakukan simulasi cara-cara pengujian reliabilitas tes
11.  Menganalisis Model Penelitian Kelas
12.  Pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar
13.  Membuat laporan hasil evaluasi hasil belajar    


 Ringkasan Materi




PENDAHULUAN
1. Pengertian Pengukuran, Penilaian  dan Evaluasi
Kita tidak dapat mengadakan penilaian sebelum kita mengadakan pengurukan.
• Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif.
• Menilai adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif.
• Mengadakan evaluasi meliputi kedua langkah di atas, yakni mengukur dan menilai.
Di dalam istilah asingnya, pengukuran adalah measurement, sedang penilaian adalah evaluation. Dari kata evaluation inilah diperoleh kata indonesia evaluasi yang berarti menilai (tetapi dilakukan dengan mengukur terlebih dahulu).
2. Penilaian Pendidikan
 Ralph Tyler (1950) mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa sebabnya. Cronbach dan Stufflebeam menambahkan bahwa proses evaluasi bukan sekedar mengukur sejauh mana tujuan tercapai, tetapi digunakan untuk membuat keputusan.
Dalam pembelajaran yang terjadi disekolah atau khususnya di kelas, guru adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas hasilnya. Dengan demikian guru patut dibekali dengann evaluasi sebagai ilmu yang mendukung tugasnya, yakni mengevaluasi hasil belajar siswa. Pembelajaran bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan prestasi belajar, karena prestasi merupakan hasil kerja (ibarat sebuah mesin) yang keadaannya sangat kompleks.
Apabila sekolah diumpamakan sebagai tempat mengolah sesuatu dan calon siswa diumpamakan sebagai bahan mentah maka lulusan dari sekolah itu dapat disamakan dengan hasil olahan yang sudah siap digunakan. Dalam istilah inovasi yang menggunakan teknologi maka tempat pengolah ini disebut transformasi.
3. Mengapa Menilai ?
Penilaian mempunyai makna ditinjau dari berbagai segi:
         a. Makna bagi Siswa
Dengan diadakan penilaian, maka siswa dapat mengetahui sejauh mana    telah berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Hasil yang diperoleh siswa dari pekerjaan menilai ini ada 2 (dua) kemungkinan:
1). Memuaskan; jika siswa memperoleh hasil yang memuaskan dan hal itu menyenangkan, tentu kepuasan itu ingin diperoleh lagi pada kesempatan lain waktu. Atau usahanya kurang gigih untuk lain waktu.
2). Tidak memuaskan; jiak siswa tidak puas dengan hasil yang diperolehnya, ia akan berusaha agar lain kali keadaan itu tidak terulang lagi. Namun ada juga beberapasiswa yang lemah kemauannya, akan menjadi putus asa dengan hasil kurang memuaskan yang telah diterimanya.
b. Makna bagi Guru 
  1. Dengan hasil penilaian yang diperoleh, guru akan dapat mengetahui siswa mana yang bisa melanjutkan pelajarannya karena sudah berhasil menguasai materi, maupun siswa-siswa yang belum berhasil menguasai materi. Guru dapat lebih memusatkan perhatiannya kepada siswa-siswa yang belum berhasil.
  2. Guru akan mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa sehingga untuk memberikan pengajaran di waktu yang akan datang tidak perlu diadakan perubahan.
  3. Guru akan mengetahui apakah metode yang digunakan sudah tepat atau belum
 c. Makna bagi sekolah
  1. Hasil belajar merupakan cermin kualitas sesuatu sekolah
  2. Informasi dari guru tentang tepat tidaknya kurikulum untuk sekolah itu dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perencanaan sekolah untuk masa-masa yang akan datang.
  3. Informasi hasil penilaian yang diperoleh dari tahun ke tahun, dapat digunakan sebagai pedoman bagi sekolah. Apakah yang dilakukan oleh sekolah sudah memenuhi standar atau belum.
4. Tujuan atau Fungsi Penilaian
a. Penilaian berfungsi Selektif
Dengan cara mengadakan penilaian guru mempunyai cara untuk mengadakan seleksi atau penilaian terhadap siswanya.
b.    Penilaian berfungsi Diagnostik
Dengan mengadakan penilaian, sebenarnya guru melakukan diagnostis kepada siswa tentang kebaikan dan kelemahannya. Dengan diketahuinya sebab-sebab kelemahan ini, akan lebih muda mencari cara untuk mengatasinya.
c.  Penilaian berfungsi sebagai penempatan
Untuk dapat menentukan dengan pasti dikelompokmmana seorang siswa harus ditempatkan, digunakan suatu penilaian. Sekelompok siswa yang mempunyai hasil penilaian yang sama, akan berada dalam kelompok yang sama dalam belajar.
d.   Penilaian berfungsi sebagai pengukur keberhasilan
Fungsi keempat untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan.





Selengkapnya Silakan Download Materi  Kuliah Evaluasi Hasil Belajar pada link berikut..........


MATERI KULIAH PERTEMUAN  1



MATERI KULIAH PERTEMUAN 2

MATERI KULIAH PERTEMUAN  3

MATERI KULIAH PERTEMUAN 4-15



 

0 komentar on MATERI KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR :

Post a Comment and Don't Spam!